Sejarah Singkat

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SMA SUNAN KALIJOGO BESERTA PEMANFAATAN GEDUNG SERBA GUNA MILIK KAS DESA ARGOMULYO CANGKRINGAN

Sekolah SMA Sunan Kalijogo berdiri pada tahun 1984 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dibidang pendidikan setingkat SLTA di wilayah kecamatan Cangkringan. Berdirinya SMA Sunan Kalijogo merupakan inisiatif dan usaha keras dari tokoh-tokoh NU di wilayah Cangkringan antara lain Bapak Abdul Wachid (alm), Bapak Rusjani (alm), Bapak Waluyo (alm) dan Bapak Drs. Mulyono yang selanjutnya membentuk panitia pendiri yang diketuai oleh Bapak Abdul Wachid dan Bapak Cipto Harjono sebagai Ketua II serta Bapak Drs Nurbani Yusuf sebagai sekretaris.
Pada awal berdirinya kegiatan belajar mengajar masih menumpang di Gedung SDN Bronggang yang beralamat di Padukuhan Gayam, Argomulyo, Cangkringan, dengan Kepala Sekolah pertama adalah Bapak Drs. Mulyono. Sebagai sekolah yang baru berdiri SMA Sunan Kalijogo di tahun-tahun awal berdirinya pertama kali meluluskan pada tahun pelajaran 1986/1987.
Terhitung sejak tahun 1987 hingga sekarang SMA Sunan Kalijogo mulai menempati Gedung Serba Guna milik Pemerintah Desa Argomulyo (dengan sistem Hak Guna Bangunan) yang beralamat di Padukuhan Jetis, Argomulyo, Cangkringan, tepat di sebelah Lapangan olahraga Kridho Mulyo dan berada di tepi jalan Kalasan- Cangkringan. Di lokasi yang baru inilah SMA Sunan Kalijogo Cangkringan mengalami perkembangan yang semakin pesat dan mendapatkan kepercayaan masyarakat. Bahkan yang semula dalam penyelenggaraan ujian nasional (EBTANAS) harus menggabung dengan SMA N Ngaglik, maka mulai tahun pelajaran 1987/1988 SMA Sunan Kalijogo sudah memperoleh izin untuk menyelenggarakan EBTANAS mandiri dan tidak perlu lagi menggabung ke sekolah lain.
Seiring dengan perkembangan SMA Sunan Kalijogo, maka jabatan kepala sekolah silih berganti, Berikut Kepala Sekolah yang pernah memimpin SMA Sunan Kalijogo Cangkringan :
1. Drs Mulyono (1984-1985)
Sebagai salah satu pendiri, beliau adalah peletak dasar-dasar SMA Sunan Kalijogo Cangkringan. Beliau menjabat hingga tahun 1985.
2. Drs Ngabdulah (1985-1986)
Beliau menjabat hingga tahun 1986 dan bertugas di MAN Pakem.
3. Drs. Sukarjo (1986-1987)
Pada periode inilah SMA Sunan Kalijogo Cangkringan pertama kali melahirkan lulusan angkatan pertamanya. Dan sejak tahun 1987 sekolah menempati lokasi baru di Jetis Argomulyo yang ditempati hingga saat ini.
4. Drs.Sumanto (1987-1991)
Beliau memimpin SMA Sunan Kalijogo hingga tahun 1991 dan selanjutnya mutasi tugas ke Sumatra Selatan.
5. Drs. Gandung Eka Purwanta (1991-1995)
Beliau memimpin SMA Sunan Kalijogo hingga tahun 1995 dan selanjutnya mengikuti jejak Drs. Sumanto mutasi tugas ke Sumatra.
6. Eko Mundiharta, S.Pd. (1995-2003)
Beliau memimpin SMA Sunan Kalijogo hingga tahun 2003 dan selanjutnya mutasi tugas ke SMA N 1 Cangkringan.
7. Djumarno, S. Sos. (2003-2007)
Beliau memimpin SMA Sunan Kalijogo hingga tahun 2007 dan selanjutnya mendapat amanah baru dari warga untuk menjabat Kepala Desa di Talun, Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah.
8. Drs. Muhammad Sami (2007-sekarang )
Berbagai kemajuan dan prestasi yang diraih SMA Sunan Kalijogo Cangkringan banyak sekali, baik kemajuan fisik, prestasi akademik maupun non akademik. Perkembangan fisik SMA Sunan Kalijogo sangat pesat dari semula yang hanya menumpang sekarang sudah mempunyai gedung berlantai dua yang cukup representatif dengan fasilitas yang cukup lengkap, yakni perpustakaan sekolah, ruang kelas, ruang guru, ruang OSIS, mushola, lap komputer, toilet, dan lain – lain. Untuk pembelajaran menggunakan kurikulum tahun 2013 yang dilengkapi muatan lokal sesuai visi dan misi sekolah yang merupakan sekolah di bawah yayasan Maarif NU DIY, yakni mata pelajaran ke-NU-an dan tambahan di bidang keagamaan. Pembelajaran di SMA Sunan Kalijogo juga ditunjang dengan kegiatan ekstrakurikuler untuk mewadai dan mengembangkan potensi dan bakat peserta didik, yakni : kepramukaan, Qira’ah, karawitan, dan lain – lain. Prestasi di bidang akademik juga cukup baik, bahkan ada alumni SMA Sunan Kalijogo yang diterima di UGM dan sekarang sedang menyelesaikan S2. Sedangkan yang diterima di UNY dan UIN cukup banyak. Prestasi yang cukup fenomenal adalah saat salah satu siswa SMA Sunan Kalijogo merebut juara ke 2 (dua) pada olimpiade sains tingkat Kabupaten pada tahun 2007 mata pelajaran Fisika. Prestasi non akademik diantaranya juara MTQ, juara olahraga pada Pekan olahraga Pelajar Maarif.

 

 

 

 

 

Tanya? Info Sekolah